Pilkada Sarmi 2017: Hasil Quick Count/Hitung Cepat

Kabupaten Sarmi adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sarmi. Nama Sarmi adalah singkatan dari nama suku-suku besar, yakni Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa.

Kabupaten Sarmi telah usai melaksanakan Pemungutan suara pada Rabu 15 Februari 2017 Hari ini. Pencoblosan kertas suara digelar dalam rangka menggelar Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) untuk memilih Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati

Penghitungan surat suara secara manual oleh Komisi pemilihan umum (KPU) diawali KPPS yang bertugas di masing-masing TPS. Setelah itu hasil perhitungan surat suara tersebut akan dihitung di tingkat KPUD untuk dilakukan Rapat Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara yang biasanya dilakukan per Kecamatan.

Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) ini dilaksanakan untuk memilih pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil bupati kabupaten Sarmi untuk periode 2017-2022.

Sementara, selain KPU mungkin ada pula pihak lain yang melakukan perhitungan lain dengan metode Quick Count, Hitung cepat, atau Real count. Namun hasil akhir perhitungan oleh Pihak KPUlah yang dianggap sah atau resmi. Suara terbanyak yang akan menentukan siapa yang menjadi pemenang unggul dalam PILKADA ini.


Hasil perolehan suara / persentase Pada Pilbup Kab. Sarmi 2017:
Hasil Hitung KPU dari TPS (Form C1) Kabupaten Sarmi dengan data masuk: 69 dari 104 TPS atau 66.35%.
  1. Drs. Eduard Fonataba, MM dan Yosina T. Insyaf, SE, MM 38.25% atau 4.536 suara.
  2. BERTHUS KYEU KYEU, BA dan SHOLEH. S,pd 18.49% atau 2.193 suara.
  3. Ir. ALBERTUS SURIPNO dan ADRIAN ROI SENIS, Amd.Tek 26.99% atau 3.201 suara.
  4. DEMIANUS KYEUW-KYEUW, SH, MH dan Ir. MUSRIADI HP, M.Si 16.26% atau 1.928 suara.