Kubah Hijau di Masjid Nabawi Bertukar Menjadi Merah?

Viral di beberapa grup Whatsapp tentang perubahan warna kubah Masjid Nabawi. Hijau adalah warna kubah Masjid Nabawi, namun dalam video yang viral tersebut berubah menjadi warna merah. Seseorang yang membagikan Video tersebut memberikan komentar seperti di bawah ini

Assalamualaikum ww

Berita semalam dikatakan Kubah Hijau di Masjid Nabawi bertukar menjadi merah dan di atas kubah tsbt telah dilihat seperti tangga muncul seperti mencapai langit. Info  dari jemaah malaysia yg ada di sana ketika ini...

Selanjutnya ada yang mengomentari, bahwa perubahan warna tersebut diakibatkan oleh pancaran sinar lampu. Berikut ini Komentarnya

wallahu alam bisawab ...

berwarna merah yang kelihatan pada Kubah Hijau tersebut, berasal dari pantulan cahaya lampu merah yang berdekatan dari Kubah Hijau itu.

Untuk diketahui, lampu tersebut sudah 30 tahun tidak dinyalakan. Beberapa waktu yang lalu, pernah dinyalakan dengan tujuan untuk menunjukkan tanda masuk waktu Maghrib dan waktu berbuka Puasa di bulan Ramadhan.

Jumat malam, sewaktu video para Jemaah merekam fenomena Kubah Hijau berubah jadi Merah, lampu merah itu dinyalakan atas perintah dan petunjuk dari atasan Masjid Nabawi. Benar, saat lampu itu dipasang para jemaah ramai berkumpul di sana.

Mereka berhamburan keluar mengabadikan melihat perubahan warna pada Kubah Hijau tersebut.

Intinya, perubahan warna merah pada Kubah Hijau tidak terkait dengan suatu keajaiban atau fenomena. Justru, sebagai seorang Muslim yang baik, sepatutnya kita mengkaji dan memahami berita yang disebarkan dalam media jejaring sosial.

” Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepada-Mu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar Kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu.”