Benarkah Nenek ini Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Yang Asli Berbahasa Arab?

Sebuah video Seorang nenek yang menyanyikan lagu Indonesia Raya berbahasa Arab sedang viral di Situs Media sosial Facebook. Dalam video tersebut seorang nenek yang sedang duduk santai di lantai disuruh untuk menyanyikan sebuah lagu.

Orang yang menyuruh tersebut tak tampak, hanya suaranya saja. Beberapa kali dia mengajak sang nenek untuk menuruti perintahnya, ytapi tampaknya sang nenek enggan.

Baru setelah seseorang mendekati, sang nenekpun akhirnya mau. Kemudian ia menyanyikan sebuah lagu. Pendengar pastilah tau dari nadanya, ia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia raya.

Yang unik, sang nenek menyanyikan lagu tersebut dengan bahasa Arab. Tentu saja hal ini membuat takjub, sebab dengan usia yang sudah begitu tua, ia masih mampu mengingat detai lagu tersebut.

Sebuah akun Twitter bernama @Safwansyar mencoba nenerjemahkan syair lagu yang dinyanyikan sang nenek, berikut ini petikannya:

Indonesia Negeriku yang terbaik
Indonesia di dalam hatiku
Kunci kegembiraan dan cintaku

Allah menjaga negeriku, Indonesia dengan Oslam
Selaluabadi dan selalu di depan
Meninggi mencapai kejayaan di bintang

Jagalah kebaikannya dan hiduplah agamanya.
Indonesia Raya



Kontan saja netizen banyak yang berkomentar positif mengenai hal ini. sebuah akun dengan nama HeNdri Arief VJ mengatakan:

Benarkah ini Lagu Indonesia Raya yg ASLI/Pertama ?? (Bertanya)
Ada yg tau syair lagu lengkapnya ??
Subhanallah ,Makin Jelas sejarah Indonesia kearah mana..

Jangan pernah Lupakan SEJARAH Wahai Anak Muda  😓 :(

Video yang posisi horizontal ini sudah banyak orang yang menyukai dan membagikannya. Dikutip dari Wikipedia, Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Republik Indonesia. Lagu ini pertama kali diperkenalkan oleh komponisnya, Wage Rudolf Soepratman, pada tanggal 28 Oktober 1928 pada saat Kongres Pemuda II di Batavia. Lagu ini menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara di Indonesia yang mendukung ide satu "Indonesia" sebagai penerus Hindia Belanda, daripada dipecah menjadi beberapa koloni.

(Baca Juga: "Biografi Wage Rudolf Soepratman - Pencipta Lagu Indonesia Raya")