Ajaib... Selama Otaknya Dibedah Dokter, Pria Ini Bermain Gitar

Abhishek Prasad, 37, pria India yang bermain gitar selama dokter rumah sakit mengoperasi otaknya. Foto/indiasamvad.co.in
Abhishek Prasad, 37, pria India yang bermain gitar selama dokter rumah sakit mengoperasi otaknya. Foto/indiasamvad.co.in
Seorang pria di India memainkan gitar dengan jari jemarinya sat dokter bedah mengoperasi otaknya. Operasi yang dilakukan di sebuah rumah itu untuk menyembuhkan sakit yang selama ini menghambat kemampuannya bermain gitar.

Pasien yang diketahui bernama Abhishek Prasad telah menderita kelainan neurologis yang menyebabkan kejang otot pada jari-jarinya di salah satu tangannya. Kondisi itu menghalangi untuk memetik senar gitar dengan benar.

Sebelum dokter di Rumah Sakit Bhagwan Mahaveer Jain di Bangalore merekomendasikan prosedur aneh untuk memulihkan kondisinya, pria berusia 37 tahun itu telah mencari pengobatan dari banyak spesialis. Menurut dokter, sakit yang dia alaminya, oleh dunia medis dikenal sebagai “distonia musisi”.

Saat dilakukan operasi, ahli bedah membedah tengkorak Abhishek dengan anestesi yang kemudian dipasang elektroda yang memungkinkan mereka untuk menentukan bagian mana dari otak yang butuh “dibakar” untuk menyembuhkan kelainan saraf yang langka.

”Selama operasi ini, Abhishek benar-benar terjaga dan bermain gitar, karena masalah ini hanya terjadi saat dia mencoba bermain,” kata dokter Sharan Srinivasan dalam sebuah pernyataan.

”Respons balik ini sangat penting bagi para dokter untuk mendapatkan lokasi target yang tepat,” lanjut dokter.

Abhisek menjelaskan, pengalaman nyata ini sebagai “keajaiban” karena benar-benar sadar di meja operasi selama prosedur operasi berlangsung tujuh jam. Operasi itu membuat jari-jarinya perlahan menjadi lebih tangkas.

”Saya kagum melihat jari-jari saya membaik secara ajaib di meja operasi itu sendiri. Pada akhir operasi, jari-jari saya 100 persen sembuh dan saya bisa memindahkannya seperti sebelumnya,” katanya kepada surat kabar Times of India, yang dikutip Sabtu (22/7/2017).

Pada hari kamis lalu, Prasad melepas jahitan operasinya di rumah sakit, di mana dia mengucapkan terima kasih kepada dokter dan memainkan beberapa lagu untuk menunjukkan seberapa baik dia pulih dari sakitnya. (sumber)