Kisah Harnaam Kaur - Perempuan Pemelihara Kumis dan Cambang

Harnaam Kaur

Tuhan menciptakan manusia dalam dua jenis yakni laki-laki dan perempuan. Diantara keduanya memiliki ciri-ciri khusus yang memperlihatkan perbedannya. Manusia yang memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan jenisnya akan merasa bahagia, namun bagaimana bila kita memiliki ciri ciri yang berbeda dari jenis kelam!n kita?

Seorang perempuan bernama Harnaam Kaur memiliki kondisi khusus yang membuat bulu-bulu di wajahnya tumbuh lebat meski ia adalah seorang perempuan. Oleh dokter, warga Slough, Inggris, ini didiagnosis mengidap polycystic ovaries, kondisi yang membuat hormon estrogen dan progesteron di tubuhnya menjadi tidak seimbang.

Sejak memasuki masa pubertas, di wajah Harnaam ditumbuhi bulu-bulu lebat. Berbagai cara telah ia lakukan untuk menghilangkan buku-bulu tersebut, salah satunya dengan dicukur atau dengan mengoles krim penghilang bulu wajah.

Namun cara tersebut tidak membuahkan hasil. Yang terjadi, bulu-bulu tersebut tumbuh makin lebat, makin panjang, makin banyak dan makin hitam. Gara-gara kondisi tersebut ia sering dirisak atau di-bully sehingga membuatnya sedih.

Akhirnya Kaur memutuskan untuk membiarkan bulu ini tumbuh di pipi dan di atas bibirnya. Sehingga ia menjasi perempuan dengan cambang dan kumis.

"Jika memang ada bulu di wajah saya, biarlah bulu-bulu ini ada di sana. Saya akan mengubah energi negatif menjadi energi positif," kata Kaur dalam wawancara dengan BBC Three, seperti dikutip dari www.bbc.com.
Harnaam Kau

Bisa dibayangan kegemparan dan kehebohan yang diakibatkan dengan keputusannya memelihara cambang dan kumis.

"Ini adalah keputusan paling berat yang pernah saya ambil. Saya tahu, saya berbeda dengan gadis-gadis lain ... (tapi) saya juga muak dan capek terus-menerus dirisak. (Makanya) saya ingin menghadapi ini semua. Saya ingin mengubah konsep kecantikan yang berkembang di masyarakat," kata Kaur.

Ia menuturkan ada banyak orang yang menderita akibat kondisi tubuh yang dianggap tidak normal di masyarakat.

"Saya ingin mengangkat kesadaran, membantu orang-orang yang menjadi korban (akibat kondisi fisik yang mereka alami). Saya belajar (kondisi fisik) bisa membuat saya kuat, ulet dan cantik. Jika Anda dirisak, Anda sulit untuk menyadari bahwa Anda adalah kuat dan cantik."

Kaur memang sudah siap dengan kondisi tubuhnya tersebut, hingga ia memposting foto-fotonya di akun Instagram miliknya yang memiliki pengikut lebih dari 80.000, yang membuatnya layak disebut sebagai bintang di platform media sosial ini. Di akun @harnaamkaur ia menyebut dirinya sebagai model dan aktivis antiperisakan. (Sumber: http://www.bbc.com/indonesia/majalah-40554613)